HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DAN PENDIDIKAN DENGAN KEJADIAN TUBERCULOSIS PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAWATUNA KOTA PALU

  • I Putu Yudi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Jaya Palu
  • Subardin AB Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Jaya Palu
Keywords: Status Gizi, Pendidikan, TB Paru

Abstract

Tuberculosis paru merupakan salah satu penyakit infeksi yang prevalensinya paling tinggi di dunia. Terdapat beberapa faktor risiko yang meningkatkan seseorang untuk terinfeksi TB Paru antara lain Pendidikan dan Status Gizi. Data yang diperoleh tanggal 20 Mei 2019 dari koordinator program TB Paru di Puskesmas Kawatuna jumlah pasien TB Paru berdasarkan diagnosa dokter, tahun 2016 sebanyak 38 orang BTA Positif, tahun 2017 sebanyak 38 orang dan tahun 2018 sebanyak 29 orang. Data tahun 2019 dari bulan Januari sampai April sebanyak 15 orang BTA positif. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan antara status gizi dan pendidikan dengan kejadian TB Paru di wilayah kerja Puskesmas Kawatuna Kota Palu. Jenis penelitian ini Analitik dengan pendekatan Case Control. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu status gizi, pendidikan dan variabel dependen TB Paru. Jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang dan sampel terdiri dari 15 kasus dan 15 kontrol. Hasil penelitian dalam penelitian ini ada hubungan antara status gizi dengan kejadian TB Paru dengan nilai p value 0,009 (< 0,05). Tidak ada hubungan antara pendidikan dengan kejadian TB Paru dengan nilai p value 1,000 (> 0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara status gizi dengan kejadian TB Paru dan tidak ada hubungan antara pendidikan dengan kejadian TB Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Kawatuna Kota Palu. Saran Diharapkan bagi petugas program khususnya Koordinator penyakit menular yang menangani TB Paru, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai TB Paru melalui pendidikan non formal seperti penyuluhan kesehatan.

Published
2021-02-15
Section
Articles