EVALUASI PENERAPAN SISTEM MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BIROBULI KOTA PALU
Abstract
Upaya kesehatan diselenggarakan dengan menitikberatkan kepada pelayanan untuk masyarakat luas guna mencapai derajad kesehatan yang optimal, tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan. Hasil survei pendahuluan tanggal 13 Mei 2020 dengan 11 petugas Puskesmas Birobuli mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Birobuli menurut mereka, disebabkan kurangnya kerjasama lintas sektor, khususnya dalam pelaksanaan posyandu masih kurang dukungan pemerintah setempat serta sistem manajemen pelayanan kesehatan belum berjalan secara baik. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya sistem mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Birobuli Kota Palu. Jenis penelitian deskriptif yaitu menggambarkan dan menginterpretasikan suatu objek yang diteliti. Variabel dalam penelitian adalah mutu pelayanan kesehatan. Jenis data yaitu data primer dan sekunder. Analisis data yaitu analisis univariat. Populasi dalam penelitian yaitu semua pasien yang datang berkunjung ke Puskesmas Birobuli selama penelitian berlangsung. Jumlah sampel adalah 46 orang pasien yang diambil dengan cara accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 46 responden, yang menilai fasilitas fisik baik 76,1% dan yang kurang baik 23,9%. Yang menilai kehandalan baik 50% dan yang kurang baik 50%. Yang menilai daya tanggap baik 73,9% dan yang kurang baik 26,1%. Yang menilai jaminan kepastian baik 60,9% dan yang kurang baik 39,1%. Yang menilai empati baik 69,6% dan yang kurang baik 30,4% Kesimpulan penelitian ini adalah sebagian besar pasien yang datang berkunjung di Puskesmas Birobuli menilai mutu pelayanan kesehatan sudah baik. Diharapkan kepada manajemen yang ada di Puskesmas Birobuli dalam hal ini petugas kesehatan dan tim evaluasi dapat melakukan evaluasi terjadwal agar mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan dari pelaksanaan suatu program dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan terutama dalam hal memperbaiki mutu pelayanan kesehatan.