HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS BIROMARU KECAMATAN SIGIBIROMARU KABUPATEN SIGI

  • Subardin AB Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Jaya Palu
Keywords: Kepuasan, Pasien, Pelayanan, Puskesmas, Biromaru

Abstract

Kesehatan definisi dari World Health Organisation (WHO), adalah suatu keadaan yang sempurna baik fisik, dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. Adapun jumlah kunjungan pasien di Puskesmas Biromaru tahun 2016 sebanyak 13.654, tahun 2017 sebanyak 13.759 dan 2018 sebanyak 9.640. Hasil wawancara awal peneliti tanggal 11 Juni tahun 2019 pada lima orang pengunjung di Puskesmas dan dua orang menyatakan merasa puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan di Puskesmas sedangkan tiga orang menyatakan kurang puas dengan pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini diketahuinya kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas. Jenis penelitian adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Variabel dalam penelitian ini adalah Kualitas pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas. Jenis data yaitu Primer dan Sekunder. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan analisis univariat dan bivariat denganuji Chi-Square. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat jalan di Puskesmas Biromaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan, hubungan antara Tangible dengan Kepuasan Pasien Rawatjalan dengan nilaip-value=0.029 (p-value 0.05). Reliability dengan Kepuasanpasien rawat jalan dengannilai p-value=0.029 (p-value 0.05). Responsivenes dengan Kepuasan Pasien rawat jalan p-value=0.017 (p-value 0.05). Assurance dengan Kepuasan pasienrawat jalan dengan nilaip- value=0.029 (p-value 0.05). Empaty dengan Kepuasan pasien Rawat jalanp-value=0.04 (p- value 0.05). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu adahubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Biromaru Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada petugas kesehatan agar meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Published
2020-09-13
Section
Articles