KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PENGGUNA JAMINANKESEHATAN NASIONAL KARTU INDONESIA SEHAT DAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RUANG PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ANUNTALOKO PARIGI

  • Matius Paundanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Jaya Palu
Keywords: Kepuasan Pasien, Rawat Inap, JKN KIS BPJS Kesehatan

Abstract

Hasil studi pendahuluan terhadap 10 responden menunjukkan bahwa 8 orang pasien menyatakan puas terhadap pelayanan keperawatan yang diberikan, namun 2 orang pasien menyatakan bahwa kurangnya kebersihan ruangan perawatan tersebut terutama kamar mandi, 3 orang pasien menyatakan perawat kurang cepat tanggap dan terkadang lama dalama merespon pasien, 2 orang pasien menyatakan perawat terkadang kurang ramah dalam melayani pasien, 3 orang pasien menyatakan perawat kurang memberikan perhatian kepada keluhan pasien dan terkadang memberikan kesan yang kurang baik.. Tujuan dari penelitian ini adalah diketahuinya kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS Kesehatan di Ruang Penyakit Dalam RSUD Anuntaloko Parigi.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif .Variabel dalam penelitian ini adalah Kepuasan pasien yang meliputi 5 dimensi kepuasan yakni tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Jenis data dalam penelitian ini data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap peserta JKN KIS BPJS di RSUD Anuntaloko Parigi pada bulan Agustus 2019. Sampel berjumlah 43 responden dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling,

Hasil Penelitian menunjukkan kepuasan pasien berdasarkan aspek tangibles puas 39 (90,7%) tidak puas 9 (9,30%), reliability puas 37 (86%) tidak puas 6 (14%), responsiveness puas 42 (97,67%) tidak puas 1 (2,33%), assurance puas 34 (79,07%) tidak puas 9 (20,93%), dan emphaty puas 38 (88,37%) tidak puas 5 (11,63%) pasien.

Kesimpulan dari penelitian ini bahwa mayoritas 42 (77,7%) pasien peserta JKN KIS BPJS merasa puas terhadap pelayanan kesehatan di Ruang Penyakit Dalam RSUD Anuntaloko Parigi. Sedangkan sebanyak 1 (2,3%) pasien tidak puas. Saran dari penelitian ini kiranya dapat menjadi masukan bagi Rumah Sakit untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, terutama pelayanan aspek jaminan kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan kepada pasien.

Published
2020-02-29
Section
Articles