HUBUNGAN PELAYANAN TENAGA KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS PALOLO KECAMATAN PALOLO KABUPATEN SIGI
Abstract
Menurunnya jumlah kunjungan pasien di Puskesmas Palolo dapat saja dikarenakan petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kurang memuaskan, sehingga menyebabkan pasien kecewa terhadap pelayanan yang diberikan hingga menyebabkan pasien mencari fasilitas lain untuk tempat pengobatannya. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Palolo Kabupaten Sigi. Jenis penelitian adalah analitik dengan rancangan cross sectional. Variabel independen adalah pelayanan kesehatan dan variabel dependen adalah kepuasan. Jenis data adalah primer dan sekunder. Analisa data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan ujichi-square. Populasi yaitu semua pasien rawat jalan di Puskesmas Palolo saat penelitian. Sampel berjumlah 43 orang. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan pelayanan kehandalan dengan kepuasan pasien rawat jalan (p-value = 0,010< 0,05). Ada hubungan pelayanan daya tanggap dengan kepuasan pasien rawat jalan (p-value = 0,000< 0,05). Ada hubungan pelayanan jaminan dengan kepuasan pasien rawat jalan (p-value = 0,027< 0,05). Ada hubungan pelayanan empati dengan kepuasan pasien rawat jalan (p-value = 0,005< 0,05). Ada hubungan pelayanan bukti langsung dengan kepuasan pasien rawat jalan (p-value = 0,024< 0,05). Kesimpulan penelitian ini yaitu ada hubungan pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Palolo Kabupaten Sigi.Saran yaitu diharapkan pihak Puskesmas Palolo untuk meningkatkan mutu pelayanan di puskesmas sehingga setiap pasien yang berkunjung merasa puas dan mempercayai Puskesmas Palolo sebagai salah satu puskesmas terbaik yang ada di Kabupaten Sigi.