PERSEPSI PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI PUSKESMAS BULILI KECAMATAN PALU SELATAN KOTA PALU

  • Risjan Firdaus Mbealo Program Studi Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Jaya Palu
  • Parmi
Keywords: Persepsi, Bukti langsung, Daya tanggap, Kehandalan, Jaminan, Empati, Pandemi, Covid 19

Abstract

Penyebaran Covid-19 berdampak ke berbagai sektor pelayanan kesehatan di puskesmas, sehingga mempengaruhi pelayanan tenaga kesehatan karena ketakutan akan penularan covid 19 yang akan menimbulkan persepsi yang kurang baik dikalangan masyarakat. Hasil wawancara yang dilakukan tanggal 27 April 2021 terhadap 5 orang pasien 2 Pasien menjawab belum puas karena sikap pegawai bagian pengambilan obat bersikap kurang ramah, kondisi kamar mandi kurang bersih. 2 pasien menyatakan pelayanan petugas kesehatan yang kurang ramah sehingga membuat pasien membatasi diri untuk bertanya serta menyampaikan keluhan mereka dan 3 pasien menyatakan jadwal pelayanan kadang tidak tepat waktu sesuai yang tercatat di papan informasi. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya persepsi pasien tentang mutu pelayanan kesehatan yang meliputi bukti langsung, daya tanggap, kehandalan, jaminan dan empati di Puskesmas Bulili Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Jenis penelitian ini deskriptif. Variabel yang diteliti yaitu: bukti langsung, daya tanggap, kehandalan, jaminan dan empati. Populasi dalam penelitian ini seluruh pasien yang berkunjung di Puskesmas Bulili berjumlah 44 orang menggunakan metode acidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi pasien dalam mutu pelayanan kesehatan dari bukti langsung yang baik sebanyak 54,5% dan kurang baik sebanyak 45,5%. Daya tanggap persepsi yang baik sebanyak 77,3% dan kurang baik sebanyak 22,7%. Kehandalan yang baik sebanyak 54,5% dan kurang baik sebanyak 45,5%. Jaminan yang baik sebanyak 63,6% dan kurang baik sebanyak 36,4%. Empati yang baik sebanyak 61,4% dan kurang baik sebanyak 38,6%. Kesimpulan penelitian ini tentang persepsi pasien dalam mutu pelayanan kesehatan dari segi bukti langsung, kehandalan, jaminan dan empati lebih banyak yang baik dari pada yang kurang baik. Diharapkan bagi petugas kesehatan yang ada di Puskesmas Bulili untuk lebih meningkatkan kinerja tenaga sumber daya manusia yang ada di puskesmas agar tetap selalu menjaga mutu dari pelayanan kesehatan agar menciptakan persepsi pasien yang baik dalam menilai dan menerima pelayanan kesehatan.

Published
2022-06-27
Section
Articles