HUBUNGAN SIKAP BIDAN DAN MOTIVASI IBU HAMIL DENGAN KUNJUNGAN K4 WILAYAH KERJA PUSKESMAS BIROMARU

  • I Kadek Wartana Keseahatan Masyarakat STIK Indonesia jaya
  • Niluh Megawati Mahasiswa Kesmas, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Jaya
Keywords: Sikap bidan, Motivasi, Kunjungan K4

Abstract

Penyebab langsung yang berkaitan dengan kematian ibu adalah komplikasi pada kehamilan, persalinan dan nifas yang tidak tertangani dengan baik dan tepat waktu. Selain hal tersebut, penyebab lain lalah sikap yang masih kurang tentang antenatal care khususnya dalam pencapaian K4 yang dimiliki oleh bidan Faktor penyebab lainnya adalah rendahnya motivasi ibu untuk memeriksakan kehamilannya ke pelayana kesehata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara sikap bidan dan motivasi ibu hamil dengan kunjungan K4 di wilayah kerja Puskesmas Biromaru.
Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan studi "Cross sectional” . Lokasi penelitian di wilayah kerja Puskesmas Biromaru. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil trimester III di wilayah kerja Puskesmas Biromaru, yang berjumlah 90 orang dan jumlah sampel sebanyak 47 orang yang diambil dengan tehnik Consecutive Sampling. Cara pengambilan data adalah melalui wawancara dan observasi pada ibu hamil. Analisa data yang digunakan yaitu uji statistik Chi Square dengan derajat kemaknaan p<0,05.
Hasil penelitian menemukan nilai signifikan 0,045 untuk variabel sikap bidan dan 0,012 untuk variabel motivasi ibu hamil, hal ini berarti ada hubungan yang signifikan antara sikap bidan dan motivasi ibu hamil dengan kunjungan K4 di wilayah kerja Puskesmas Biromaru.
Ada hubungan yang bermakna antara sikap bidan dan motivasi ibu hamil dengan kunjungan K4 di wilayah kerja Puskesmas Biromaru. Bagi pihak puskesmas, agar lebih giat melakukan pendidikan kesehatan pada ibu hamil tentang seputar kehamilan khususnya tentang Antenatal Care sehingga cakupan kunjungan K4 akan tercapai.

Published
2022-04-25