HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KOLONODALE KECAMATAN PETASIA KABUPATEN MOROWALI UTARA

  • I Kadek Wartana Keseahatan Masyarakat STIK Indonesia jaya
  • Morina Novita Tobing Mahasiswa Kesmas, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Jaya
Keywords: Komunikasi interpersonal, Kepuasan Pasien

Abstract

Komunikasi interpersonal adalah suatu proses pertukaran informasi antara orang-orang yang
berkomunikasi. Berdasarkan wawancara di Puskesmas Kolonadale dari pengambilan data awal yang
dilakukan, 8 dari 10 pasien mengatakan belum merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Petugas
kesehatan berkomunikasi seadanya, tidak menjelaskan secara detail agar pasien lebih mengerti. Tujuan
penelitian ini adalah diketahuinya hubungan komunikasi interpersonal dengan kepuasan pasien di
Puskesmas Kolonodale Kecamatan Petasia Kabupaten Morowali Utara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Variabel penelitian
ini yaitu independen (komunikasi interpersonal) dan variabel dependen (kepuasan pasien). Penelitian ini
dilakukan di Puskesmas Kolonodale Kecamatan Petasia Kabupaten Morowali Utara. Data yang digunakan
adalah data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan
menggunakan uji statistik chi-square. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang datang berkunjung
ke Puskesmas Kolonadale dengan sampel berjumlah 43 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60,5% pasien menyatakan komunikasi interpersonal petugas
sudah baik dan 58,1% pasien sudah menyatakan puas dengan pelayanan yang diberikan. Hasil uji statistik
dengan menggunakan chi-square didapatkan nilai p = 0,006 (p value ≤ 0,05) yang artinya ada hubungan
komunikasi interpersonal dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kolonodale Kecamatan Petasia Kabupaten
Morowali Utara.
Disimpulkan bahwa ada hubungan bermakna antara komunikasi interpersonal dengan kepuasan
pasien. Dari hasil penelitian ini diharapkan komunikasi interpersonal dapat diterapkan dan diaplikasikan
oleh petugas kesehatan di Puskesmas Kolonodale agar lebih baik lagi.

Published
2022-04-24