TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP LAYANAN INFORMASI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM ANUTAPURA PALU

  • I Kadek Wartana Keseahatan Masyarakat STIK Indonesia jaya
  • Damar Wiyanti Mahasiswa Kesmas, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Jaya
Keywords: Kepuasan, Layanan, Informasi, BPJS.

Abstract

Kondisi pelayanan informasi di lembaga Rumah Sakit Anutapura Palu secara umum masih belum efektif. Keluarga pasien dan pengunjung Rumah Sakit merasa kesulitan dalam menemui petugas, karena
mereka harus mencari petugas terlebih dahulu dalam mencari informasi yang mereka perlukan, hal itu menunjukkan bahwa pelayanan informasi di Rumah Sakit masih belum efektif. Tujuan penelitian ini
diketahuinya tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap layanan informasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rumah Sakit Umum Anutapura Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Variabel dalam penelitian ini adalah kepuasan pasien tentang layanan informasi. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Anutapura Palu. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisa data menggunakan analisa univariat. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pasien rawat jalan pengguna BPJS Kesehatan yang datang berkunjung di Rumah Sakit Umum Anutapura Palu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden yang merasa puas dengan layanan informasi BPJS Kesehatan di Rumah Sakit yaitu 60,5%, sedangkan yang merasa tidak puas yaitu 39,5%. Kesimpulan dalam penelitian tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap layanan informasi BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Anutapura Palu adalah sebagian besar pasien merasa puas dengan layanan informasi yang diberikan oleh petugas kesehatan yang ada di Rumah Sakit tersebut. Saran bagi
pihak Rumah Sakit Umum Anutapura Palu, agar meningkatkan pelayanan terhadap layanan informasi sehingga akan meningkatkan kepuasan pasien.

Published
2022-04-24