HUBUNGAN PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ANUNTALOKO
Abstract
Salah satu upaya untuk mempertahankan kualitas rumah sakit adalah dengan menciptakan kepuasaan pada pasien karena kepuasan merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu usaha. Pelayanan keperawatan yang berkualitas menjadi faktor penentu tingkat kepuasan pasien. Pelayanan keperawatan yang diberikan semakin baik akan meningkatkan kepuasan pasien. Untuk data pasien rawat inap di RSUD Anuntaloko Parigi tahun 2017 total pasien rawat inap berjumlah 11.237 , pada tahun 2018 mengalami peningkatan menjadi 12.936 dan pada tahun 2019 kunjungan kembali mengalami penurunan menjadi 11.873. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan antara pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap peserta jaminan kesehatan nasional di Rumah Sakit umum daerah Anuntaloko Parigi. Jenis penelitian ini adalah analitik. Variabel dalam penelitian ini adalah pelayanan keperawatan kepuasan pasien. Jenis data dalam penelitian ini data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di kelas 1,II dan III berjumlah 43 responden dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan dari 34 pasien yang merasa puas dengan pelayanan keperawatan adalah 42 orang (97,7%). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien dengan hasil nilai p value 0,047 (<0.05). Diharapkan pelayanan keperawatan di RSUD Anuntaloko parigi tetap mempertahankan dan melakukan evaluasi untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan keperawatan sehingga akan tetap memanfaatkan pelayanan kesehatan di RSUD Anuntalko Parigi.