HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG CENDRAWASI DAN RAJAWALI RUMAH SAKIT UMUM ANUTAPURA PALU
Abstract
Perilaku caring perawat adalah bentuk pelayanan keperawatan yang meliputi daya tangkap, keandalan, Jaminan, empati dan bukti langsung kepada pasien. Kepuasan pasien merupakan kunci dalam upaya mnigkatkan quality of care dalam layanan kesehatan kepuasan pasien terbentuk karena perbandingan kenyataan dan harapan yang di terima pasien. Berdasarkan hasil wawancara dari tiga pasien salah seorang pasien mengatakan, pasien tersebut kurang puas, dari nilai Indeks kepuasan masyarakat kelas III rumah sakit umum anutapura berada pada kategori kurang baik. Tujuan penelitian ini diketahuinya hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Anutapura. Jenis penelitian ini survey analitik dengan pendeka- tan cross sectional variabel independen yaitu caring perawat dan variabel dependen yaitu kepuasan pasien. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, jenis data yaitu primer dan sekunder. Analisa data menggunakan univariate dan bivariate dengan uji Chi-Square. Populasi pada penelitian ini adalah pasien yang saat penelitian sedang dirawat. Sampel penelitian berjumlah 30 responden. Penggambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Hasil riset menunjukan sebagian besar responden melaporkan sikap caring perawat baik sebanyak 16 responden (53. 3%) serta lumayan sebanyak 14 responden (46. 7%). Sebagian responden mengatakan sangat memuaskan dengan sikap caring perawat sebanyak 11 responden (36. 7%) serta kurang memuaskan sebanyak 9 responden (30. 0%). Hasil uji statistic didapatkan nilai. P = 0.008 (P.Value < 0.05). Kesimpulan riset ini yaitu terdapat hubungan bermakna antara sikap caring perawat dengan kepuasan pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Anutapura. Rekomendasi buat pihat Rumah Sakit Umum Anutapura Di Ruang Rawat Inap Kepuasan Pasien adalah kunci utama dalam penilaian mutu pelayanan dalam suatu instansi pelayanan kerja wajib dikedepankan.