KEPUASAN KELUARGA PASIEN TENTANG RESPON TIME DI RUANGAN INSTALASI GAWAT DARURAT

  • Freny Ravika Mbaloto Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Jaya Palu
Keywords: Respon Time, Kepuasan Keluarga, Gawat Darurat

Abstract

Salah satu indikator mutu pelayanan berupa respon time atau waktu tanggap yang merupakan indikator proses untuk mencapai indikator hasil, yaitu kelangsungan hidup. Response time yang cepat juga dapat menimbulkan rasa puas terhadap pelayanan yang dirasakan oleh keluarga pasien, ini ditunjang juga dengan sikap peduli atau empati dan keramahan juga komunikasi yang baik antara keluarga pasien dengan petugas kesehatan khususnya perawat. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya Kepuasan Keluarga Pasien tentang Respon Time Di Ruangan Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Madani. Jenis penelitian adalah observasional deskriptif. Variabel penelitian ini yaitu kepuasan keluarga pasien tentang Respon Time. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisa data dengan menggunakan analisa univariat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh keluarga pasien gawat darurat yang masuk di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Madani pada saat penelitian. Sampel pada penelitian ini berjumlah 41 orang, dengan tehnik pengambilan sampel yaitu Accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan petugas kesehatan dalam bentuk respon time adalah dalam kategori bermutu sebanyak 41,5 % responden, selanjutnya 39,0 % responden mengatakan tidak bermutu dan sejumlah 19,5 % responden menyatakan memuaskan. Hasil penelitian yang dilakukan di ruangan instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Madani dapat disim- pulkan bahwa keluarga pasien mengatakan pelayanan petugas kesehatan dalam bentuk respon time sebagian besar dalam kategori bermutu dimana kenyataan yang diperoleh lebih memuaskan daripada harapan keluarga, oleh sebab itu saran bagi RSUD Madani untuk mempertahankan bahkan lebih meningkatkan kualitas pelayanan dari segi respon time pada Instalasi Gawat Darurat.

Published
2021-08-12
Section
Articles